Bisnis

Pelatihan Online Bersertifikat Program Strategi Supply Chain Management

Supply chain management dalam perusahaan mempunyai metode yang bisa digunakan sehingga pengelolaannya dapat berjalan dengan lebih baik. Berbagai strategi tersebut bisa dipelajari dengan mengikuti pelatihan online bersertifikat  yang tepat sehingga bisa menggunakan strategi SCM yang akan bermanfaat untuk bisnis dan organisasi. Adapun beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk memudahkan pekerjaan dan aktivitas rantai pasokan dalam perusahaan adalah dengan:

  1. Membuat perencanaan yang tepat

Strategi yang diambil dalam SCM meliputi banyak hal mulai dari supplier, pekerja, distributor, dan tentunya memperhatikan konsumen yang dipunyai. Dengan strategi yang tepat dapat mengoptimalkan kinerja hingga bisa menghindari dan mengatasi tantangan dengan mudah yang dihadapi oleh perusahaan. Di mana untuk strategi pertama yang bisa digunakan untuk proses SCM di dalam perusahaan adalah dengan membuat perencanaan yang bisa berdasarkan permintaan.

Perencanaan mempunyai peranan penting dalam kesuksesan perusahaan sekaligus kegagalan yang dialami. Agar membuat perencanaan tersebut berhasil maka perlu dipertimbangkan dengan matang. Salah satu caranya dengan membuat perencanaan yang bisa berdasarkan permintaan pasar yang dipunyai. Sehingga perencanaan tersebut akan dilakukan dan dibuat berdasarkan permintaan pasar yang dipunyai untuk menyediakan produk yang diminta dan dibutuhkan oleh pasar. Permintaan pasar tersebut dapat melihat dari periode sebelumnya yang bisa digunakan untuk membuat keputusan dalam membuat perencanaan proses produksi selanjutnya.

  1. Visibilitas dan melakukan kontrol

Strategi selanjutnya dalam pengelolaan supply chain adalah dengan memperhatikan mengenai visibilitas dan juga melakukan kontrol yang dibutuhkan. Data sangat dibutuhkan untuk bisa menentukan rencana kedepan yang dipunyai oleh perusahaan. Sehingga data yang akurat dan jelas akan bisa membuat perencanaan yang baik. Pastikan untuk mempunyai data yang baik yang akan bisa memberikan kontrol bagi perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih cepat. Visibilitas dan kontrol mengenai data dan pengambil keputusan tersebut akan sangat penting tidak hanya untuk dasar pengambilan keputusan, tetapi juga untuk menghindari hambatan dan melakukan perbaikan yang dibutuhkan untuk bisa menyempurnakan proses rantai pasokan lebih baik.

  1. Hubungan dengan supplier yang tetap baik

Ketika mengikuti pelatihan online bersertifikat Anda bisa mengetahui mengenai pentingnya hubungan baik dengan supplier. Di mana saat menentukan supplier tersebut bisa mempengaruhi proses SCM secara keseluruhan, sehingga sangat penting memilih supplier yang profesional dan bisa diajak berkomunikasi dengan baik. Mempunyai supplier yang tepat merupakan indikator bisa mencapai kesuksesan bisnis. Oleh karena itulah pilih dan bangun hubungan yang baik dengan supplier yang bisa bekerjasama dan melakukan komunikasi dua arah untuk bisa mendapatkan kemudahan transaksi, bisa menjaga performa, hingga menghindari konflik yang bisa terjadi.

  1. Memfokuskan pada pelanggan

Proses SCM mempunyai tujuan untuk dapat memberikan barang jadi pada konsumen dengan kualitas yang baik dan diterima tepat waktu. Sehingga hal tersebut membuat strategi dari SCM adalah dengan menitikberatkan pada kepuasan pelanggan yang bisa terjaga dengan baik. SCM bisa fokus pada pelanggan dengan mengerti kebutuhan, memberikan harga terbaik, menjaga kualitas barang, dan juga barang sampai di tangan konsumen tepat waktu agar bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhannya. Berikan juga pelayanan pelanggan seperti dengan menyediakan customer service sehingga bisa memperbaiki pelayanan perusahaan sesuai kebutuhan pelanggan.

  1. Evaluasi berkala

Strategi terakhir yang bisa diterapkan dalam menjalankan SCM di perusahaan adalah dengan selalu melakukan evaluasi secara berkala. Perusahaan bisa melakukan review mengenai kinerja yang telah dilakukan dari hasil yang didapatkan agar nantinya membuat pengembangan dan peningkatan di sektor yang dibutuhkan. Review tersebut juga bisa menjadi dasar untuk membuat perencanaan yang lebih matang serta menjadi mitigasi resiko dari hambatan dan tantangan yang bisa dihadapi. Sehingga dengan melakukan review berkala dapat untuk membuat proses berjalan relevan dan memberikan hasil efektif dan efisien.

Untuk mengetahui berbagai strategi lainnya yang bisa digunakan dalam memaksimalkan kinerja supply chain management dalam perusahaan bisa dengan mengikuti pelatihan online bersertifikat. Pilih pelatihan di tempat yang menawarkan sertifikat yang bisa diterima di banyak tempat, diajar oleh pelatih yang profesional, serta waktu dan program fleksibel seperti yang ditawarkan oleh lembaga pelatihan Prasmul-ELI. Daftar pelatihan program SCM di Prasmul-ELI dengan menghubungi [email protected] atau ke nomor +62 811 1991 1168.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *