Kesehatan

Chrissy Teigen Jalani Sesi Akupunktur Ini Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Chrissy Teigen menunjukkan sekilas rutinitas kesehatannya saat dia di tengah kehamilannya.

Teigen dan John Legend, yang memiliki dua anak perempuan, Luna, dan laki-laki, Miles, saat ini sedang menanti kelahiran anak keempatnya.

Baru-baru ini, model dan penulis buku masak, membagikan foto close-up- bayby -bump di Instagram Story-nya, yang diambilnya selama sesi akunpunktur.

Dalam foto itu terlihat, Chrissy Teigen sedang berbaring di atas meja sementara beberapa jarum tipis dimasukkan ke titik-titik tertentu di perutnya Menurut Mayo Clinic, akupunktur adalah komponen kunci dari pengobatan tradisional Tiongkok yang paling umum digunakan untuk mengobati rasa sakit dan semakin banyak digunakan untuk kesehatan secara keseluruhan.

Akupunktur melibatkan memasukkan jarum logam kecil ke dalam kulit pada titik-titik tertentu di tubuh Anda.

Saat merangsang titik-titik ini, seorang praktisi mencoba untuk menyeimbangkan kekuatan yin (dingin, lambat) dan yang (panas, bersemangat) dalam tubuh untuk memungkinkan aliran qi (kekuatan hidup).

Penelitian mendukung penggunaan akupunktur untuk berbagai kondisi, termasuk nyeri kronis dan sakit kepala.

Bahkan saat Anda mencoba untuk hamil, terutama sebagai bagian dari inseminasi intrauterin atau fertilisasi in-vitro.

Di luar aplikasi ini, banyak penelitian untuk akupunktur selama kehamilan berkisar pada kemampuannya untuk meredakan mual di pagi hari, menurut sebuah artikel tahun 2015.

Bahkan sebelum Anda mendapatkan tanda positif pada tes kehamilan, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mencoba akupunktur untuk membantu Anda hamil.

Satu studi 2016 membandingkan wanita yang menerima akupunktur selama perjalanan konsepsi mereka dengan mereka yang mencoba modifikasi gaya hidup lainnya.

Hasilnya agak dramatis dalam kelompok akupunktur umumnya dipahami dalam setengah waktu kelompok perubahan gaya hidup.

Para peneliti mengatakan bahwa wanita yang menerima akupunktur mungkin memiliki kesadaran kesuburan yang lebih baik dan rasa kesejahteraan yang lebih tinggi secara keseluruhan.

Mereka juga mencatat pada saat itu bahwa ini hanyalah awal dari penelitian tentang topik tersebut.

Sejak itu, penelitian lain (pada 2017 dan 2020, misalnya) telah menemukan akupunktur efektif dalam mengurangi infertilitas dan meningkatkan kemungkinan hamil.

Ada berbagai penelitian tentang akupunktur dan kemampuannya untuk membantu mengatasi mual dan muntah, baik di dalam maupun di luar kehamilan.

Satu ulasan yang lebih tua tapi besar meneliti studi tentang stimulasi titik akupresur P6, yang juga disebut sebagai saluran limpa.

Praktisi titik percaya P6 mempengaruhi sistem pencernaan.

Dan yang lebih relevan dan menarik: Sebuah tinjauan dari tahun 2021 melihat 16 penelitian sebelumnya dan menyimpulkan bahwa akupunktur efektif untuk mual parah pada kehamilan.

Hormon relaksin mengendurkan sendi selama kehamilan.

Kombinasikan itu dengan penambahan berat badan saat tubuh Anda tumbuh, dan Anda mungkin menghadapi nyeri panggul atau punggung yang mengganggu pada trimester kedua dan ketiga.

Akupunktur telah ditemukan efektif (dan aman) untuk nyeri punggung bawah oleh studi tahun 2021 dan studi 2018.

Rasa sakit dan nyeri lainnya – dan bahkan ketidaknyamanan emosional – juga dapat diredakan dengan akupunktur.

Depresi antepartum dapat memengaruhi hingga 15 persen kehamilan.

Dalam sebuah studi kecil tahun 2010, peneliti menawarkan akupunktur atau pijat untuk membantu gejala depresi.

Kelompok akupunktur mengalami pengurangan gejala keseluruhan yang sebanding dengan wanita yang menerima perawatan depresi yang lebih tradisional.

Dan durasi perawatannya cukup singkat, hanya berlangsung selama 8 minggu dan 12 sesi secara keseluruhan.

Sebuah studi tahun 2020 juga menyarankan bahwa akupunktur adalah pengobatan yang dapat diterima untuk mengurangi dan mencegah depresi pada wanita hamil.

Akupunktur juga bisa menjadi metode yang baik untuk dicoba saat bayi sungsang.

Para peneliti menjelaskan bahwa merangsang titik akupunktur BL67 dan SI1 antara 32 dan 35 minggu dapat membantu mengubah bayi sehingga mereka muncul lebih dulu.

Dalam hal ini, pengobatan diberikan selama 30 menit selama 3 hari dalam satu minggu, dan dikombinasikan dengan teknik pengobatan tradisional Tiongkok lainnya yang disebut moksibusi.

Sebuah studi 2009 yang melibatkan lebih dari 600 wanita hamil membandingkan mereka yang menggunakan akupunktur dalam persalinan dengan mereka yang menggunakan metode lain, seperti stimulasi saraf listrik transkutan dan obat nyeri tradisional.

Hasil mereka yang berada dalam kelompok akupunktur memiliki peluang lebih rendah untuk menggunakan tindakan penghilang rasa sakit lainnya (seperti epidural, misalnya) selama persalinan, dan akupunktur tidak berdampak pada lama persalinan secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, skor Apgar untuk bayi dalam kelompok akupunktur juga paling tinggi.

Hasil ini telah dikonfirmasi oleh penelitian yang lebih baru.

Satu ulasan tahun 2020 melihat 28 studi baru dan menemukan bahwa akupunktur dapat membantu manajemen nyeri persalinan – dan mengurangi kebutuhan akan epidural atau obat lain.

Informasi terkini menunjukkan bahwa akupunktur relatif aman untuk sebagian besar kehamilan dan reaksi atau komplikasi yang parah jarang terjadi.

Anda mungkin mengalami komplikasi ringan (misalnya rasa sakit atau bengkak pada titik penyisipan jarum) yang tidak bertahan lama.

PEOPLE | HEALTHLINE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *